Pelindo III Turut Semarakkan Hari Jadi Cilacap dengan Bakti Sosial

By Admin

Foto/dok. Pelindo III  

nusakini.com - Dalam rangka turut menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke-161 Tahun 2017 yang jatuh pada tanggal 21 Maret lalu, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) melalui Pelabuhan Tanjung Intan ikut berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan yang digelar. Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk memperingati perayaan tersebut, yakni kegiatan bakti sosial khitan massal di Majenang dan Kroya, santunan anak yatim di Pendopo Kabupaten Cilacap serta renovasi rumah tidak layak huni. Seperti halnya kegiatan bakti sosial khitan massal yang dilaksanakan di alun-alun Majenang pada Rabu (29/3/2017) dan dihadiri secara langsung oleh Bupati Cilacap dan General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Intan. 

Bupati Cilacap, H. Tatto Suwarto Pamuji, saat memberikan sambutan, menyampaikan bahwa kegiatan khitan massal ini dilaksanakan selain untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke-161 sekaligus untuk meningkatkan kepedulian sosial kepada masyarakat yang kurang mampu dan sebagai wujud implementasi program bangga membangun desa. Tatto menjelaskan bahwa total bujang khitan yang dikhitan pada kesempatan tersebut berjumlah 154 anak dari 11 Kecamatan di Cilacap. Tak lupa Tatto juga menyampaikan ungkapan terima kasihnya dan apresiasi setinggi-tingginya kepada banyak pihak yang telah membantu. “Terima kasih kepada banyak pihak yang telah membantu, khususnya Pelindo III yang telah banyak berpartisipasi, sehingga acara pada hari ini dapat terlaksana dengan baik,” jelasnya.

General Manager Pelindo III Tanjung Intan, Ali Sodikin, di sela-sela kegiatan menyampaikan bahwa untuk kesekian kalinya Pelindo III melalui Pelabuhan Tanjung Intan turut berpartisipasi pada kegiatan khitan massal, santunan anak yatim dan renovasi rumah tidak layak huni dengan total bantuan senilai Rp. 295 juta. “Hal ini menjadi mandatori dari Pemerintah untuk melaksanakan salah satu kegiatan untuk peningkatan kesehatan dalam bentuk khitan massal yang dalam pelaksanaannya kami bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap,” tuturnya. Ali menjelaskan bahwa program bantuan khitan massal ini merupakan implementasi dari dana hibah bina lingkungan yang berasal dari empat persen laba perusahaan yang disisihkan setelah pajak.

Lebih lanjut Ali menjelaskan bahwa Pelindo III merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang dalam menjalankan bisnisnya tidak hanya mencari keuntungan semata, namun juga dituntut untuk peduli dengan masyarakat sekitar, salah satunya melalui Program Bina Lingkungan. Kegiatan ini merupakan salah satu program Pelindo III sebagai wujud tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan kondisi lingkungan sosial di sekitar perusahaan. Atas dasar itulah manajemen Pelindo III memberikan bantuan terhadap masyarakat disekitar perusahaan. “Semoga kegiatan semacam ini dapat terus terjalin yang pada akhirnya dapat meningkatkan kondisi sosial masyarakat,” ujarnya.

Penyerahan bantuan secara simbolis diberikan oleh General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap kepada Bupati Cilacap saat mengikuti acara seremonial kegiatan khitan massal di alun-alun Majenang. (p/mk)